4 Alasan Mengapa Kita Tidak Dianjurkan Memakai Wi-Fi Publik

Nah, bagi kalian yang sering memanfaatkan WiFi (lebih spesifik WiFi Publik), sebaiknya mulai sekarang kalian harus segera mulai mengurangi kebiasaan kalian tersebut. Ketika kalian terkoneksi ke jaringan yang memanfaatkan teknologi WiFi ini (misalnya di hotspot yang menyediakan WiFi publik), sebenarnya ada berbagai ancaman data yang menanti tanpa sepengetahuan kalian. Apa saja ancaman tersebut? Berikut ini pembahasannya.


1. Bahaya Snooping

Mematai-matai Layar Komputer Dengan Firesheep
Foto: codebutler.com
Bahaya pertama yang menanti kalian jika terlalu sering terhubung ke WiFi publik adalah ancaman snoopingSnooping merupakan aktivitas mengamati atau bisa dikatakan mematai-matai komputer orang lain untuk mendapatkan sejumlah informasi seperti password email, media sosial, bahkan situs yang kalian akses.
Pada umumnya, WiFi publik yang ada pada hotspot di berbagai tempat tidak mengharuskan pengguna memasukkan password untuk bisa terhubung. Ini berarti semua informasi yang mengalir melalui WiFi publik tersebut tidak terenkripsi. Hal ini tentu saja akan membuka celah bagi orang lain untuk bisa mengakses layar komputer kalian menggunakan aplikasi tertentu seperti Firesheep untuk mendapatkan sejumlah informasi.

2. Penyusupan Komputer Via WiFi

Pengaturan Network Location
Foto: howtogeek.com
Ketika terkoneksi ke WiFi publik, kalian tentunya pernah diminta untuk memilih network location, entah itu Home Network, Office Network atau Public Network. Nah, tergantung dari pilihan tersebut, kalian bisa saja membuka celah yang memungkinkan pengguna lain menyusup ke komputer kalian melalui jaringan yang menggunakan teknologi WiFi ini.
Agar terhindar dari penyusup, pastikan kalian memilih Public Network. Dengan memilih opsi ini, sistem komputer kalian akan memastikan semua data kalian tidak dibagikan secara terbuka melalui jaringan tempat kalian terkoneksi. Selain itu, kalian juga perlu melakukan update pada Antivirus kalian yang lain.

3. Ancaman Malware

Ancaman Malware
Foto: easysecurityonline.com
Selain snooping dan masalah penyusupan, masalah lain yang mengancam kalian ketika terkoneksi ke WiFi publik adalah ancaman malware. Jaringan WiFi publik merupakan jaringan terbuka tanpa enkripsi dan hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan oleh orang lain (misalnya hacker) untuk menyebarkan malware ke komputer pengguna melalui jaringan WiFi publik tempat kalian terkoneksi.

4. Hotspot yang Menjebak

Hotspot yang Menjebak
Foto: learnvest.com
Kemungkinan lain yang menanti kalian jika tidak hati-hati dalam memilih Hotspot publik yang menggunakan teknologi WiFi adalah kalian bisa saja masuk ke dalam jaringan WiFi yang sengaja dibuat oleh oknum tertentu seperti hacker. Dengan terkoneksi ke WiFi publik buatan si hacker ini, tentu saja risiko pencurian informasi, infeksi malware, dan lain sebagainya akan jauh lebih besar karena jaringan WiFi publik tersebut sepenuhnya dipantau oleh si hacker.
Itulah tadi alasan kenapa kalian sebaiknya jangan terlalu sering terkoneksi ke WiFi publik atua jaringan WiFi yang tidak terpercaya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan pengetahuan.
credit : Jalantikus

2 komentar

Bodoamat w juga males connect ke wifi di rumah temen, suka pake yang milik sendiri aja lebih aman walau gak pake kuota :'v

Reply

Post a Comment

Silahkan berkomentar :)